Zikir Pembersih Hati
Oleh : Mirza Fathullah Arif
Kegiatan zikir berjamaah di Dayah Raudhatul Qur’an sebelumnya mengamalkan zikir biasa yang bertarekat Naqsyabandi, yakni zikir yang diamalkan oleh kebanyakan masyarakat di Provinsi Aceh. Setelah itu, selang beberapa bulan setelah musibah Tsunami, datanglah team relawan dari Pesantren Suryalaya Tasikmalaya untuk membantu masyarakat Aceh yang ditimpa musibah. Bantuan yang mereka berikan bukan hanya dalam bentuk matrial dan jasa, tetapi ada juga dalam bentuk bimbingan rohani, yaitu dengan memberikan bimbingan dan pelatihan zikir kepada masyarakat Aceh.

Pada dasarnya masyarakat Aceh masih belum bisa menerima kehadiran tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah ini, sebab mereka belum begitu memahami ajaran dan amalan tarekat tersebut. Maka selang waktu satu bulan pimpinan Dayah Raudhatul Qur’an Tgk. H. Sulfanwandi Hasan, MA, mengundang kembali KH.Wahfiudin dan KH Jejen Zainal Abidin selepas mereka menjadi sukarelawan di Aceh untuk menghadiri majelis zikir yang diadakan di tempat kediaman Tgk Sulfan yaitu di Dayah Raudhatul Qur’an untuk meyakinkan masyarakat agar bisa mengikuti dan mengamalkan zikir tersebut. [1]
Jadi, zikir yang dipraktekkan di lingkungan Dayah Raudhatul Qur’an adalah zikir “Pembersih Hati“ yang bertarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah atau disingkat TQN. Thariqah Qadiriyah didirikan Syekh Abd al-Qadir al-Jailani. Beliau selalu menyeru kepada murid-muridnya agar bekerja keras dalam kehidupan sebagai bekal untuk memperkuat ibadah yang dihasilkan dari hasil keringat sendiri. Ia juga melarang kepada muridnya menggantungkan hidup kepada masyarakat. Pada Thariqah Qadiriyah menekankan ajarannya pada zikir Jahr nafi isbat yaitu melafalkan kalimat “Laailaha Illallah” dengan suara keras.
Sedangkan Thariqah Naqsyabandiyah didirikan oleh Muhammad Baharuddin an-Naqsabandi al-Asisial-Bukhari, ia dilahirkan di desa yang bernama Qashrul Arifin yang terletak beberapa kilometer dari kota Bukhara, Rusia. Thariqah Naqsyabandiyah menekankan pada zikir siri ismu dzat yaitu melafalkan kalimat Allah dalam hati.[3] Zikir menjadi ciri khas yang mesti ada dalam tarekat. Dalam suatu tarekat zikir dilakukan secara terus-menerus (istiqomah), hal ini dimaksudkan sebagai suatu latihan psikologis (Riyadah al-Nafs) agar seseorang dapat mengingat Allah di setiap waktu dan kesempatan. [4]
Dalam ajaran Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah terdapat 2 (dua) jenis zikir yaitu: 1) Zikir Nafi Isbat yaitu zikir kepada Allah dengan menyebut kalimat “lailahaillallah”. Zikir ini merupakan inti ajaran Thariqah Qadiriyah yang dilafalkan secara jahr (dengan suara keras). 2) Zikir Ismu Dzat yaitu zikir kepada Allah dengan menyebut kalimat “Allah” secara sirr atau khafi (dalam hati). Zikir ini disebut juga dengan zikir latifah dan merupakan ciri khas dalam Thariqah Naqsyabandiyah.[5]
A. Proses Pelaksanaan Zikir Bertarekat
Adapun Zikir yang diamalkan di Dayah Raudhatul Qur’an Tungkop Darussalam disebut dengan Zikir “Pembersih Hati”, yang di awali dengan bertawasul kapada para ambia, aulia dan ulama yang sudah meninggal dunia, dengan mengharap keberkahan, kekaramahan dan ilmu dengan mendoakan mereka. Zikir tersebut terdiri dari 2 bagian, yaitu:
1. Zikir harian, yang dilaksanakan setiap selesai mengerjakan shalat fardhu atau Shalat yang lima waktu.
2. Zikir khataman, yang dilaksanakan setiap jum’at malam setelah shalat maghrib sampai dengan selesai. Zikir harian dan zikir khataman boleh juga dilaksanakan kapan saja, tanpa terikat dengan waktu. [6]
Berikut ini zikir harian yang selalu dilaksanakan di Dayah Raudhatul Qur’an Darussalam Tungkop Aceh Besar.
بسم الله الرحمن الرحيم
1. إلى حضرة النبي المصطفى محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وأصحابه وأزواجه وذرياته وأهل بيته أجمعين شيء لله لهم الفاتحة
2. أستغفر الله الغفور الرحيم 3 ×
3. أللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم 3×
4. إلهي أنت مقصودي ورضاك مطلوبي أعطني محبتك ومعرفتك
5. لاإله إلا الله 165 ×. سيدنامحمد صلى الله عليه وسلم
6. بسم الله الرحمن الرحيم, أللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الأهوال والأفات وتقضي لنا بها جميع الحاجات وتطهرنا بها من جميع السيأت وترفعنا بهاعندك أعلى الدرجات وتبلغنا بها أقصى الغايات من جميع الخيرات في الحيات وبعد الممات, إن الذين يبايعونك إنما يبايعون الله يد الله فوق أيديهم فمن نكث فإنما ينكث على نفسه ومن أوفى بما عاهد عليه الله فسيأتيه أجرا عظيما...
7. إلى حضرة النبي المصطفى محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وأصحابه وأزواجه وذرياته وأهل بيته أجمعين شيء لله لهم الفاتحة
8. ثم إلى أرواح أهل السلسلة القادرية والنقشبندية وجميع أهل الطرق خصوصا الى حضرة سلطان الأولياء غوث الأعظم قطب العالمين السيد الشيخ عبد القادرالجيلاني قدس الله سره والسيد الشيخ أبي القاسم جنيد البغدادي والسيد الشيخ أحمد خاطب الشمباسي ابن عبد الغفار والسيد الشيخ طلحة والسيد الشيخ عبدالله المبارك بن نور محمد وحضرة شيخنا المكرم أحمد صاحب الوفاء تاج العارفين وأصولهم وفروعهم وأهل سلسلتهم والآخذين عنهم شيء لله لهم الفاتحة
9. ثم إلى أرواح آبائنا وأمهاتنا ولكافة المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات شيء لله لهم الفاتحة
10. أستغفر الله ربي من كل ذنب وأتوب إليه 3×
11. أللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كماصليت على سيدناابراهيم وعلى آل سيدنا ابراهيم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كما باركت على سيدنا ابراهيم وعلى آل سيدنا ابراهيم في العالمين إنك حميد مجيد.
12. إلهي أنت مقصودي ورضاك مطلوبي أعطني محبتك ومعرفتك
توجه ( ألله...الله...ألله...)[7]
[1]Dokumentasi Dayah Raudhatul Qur’an Darussalam, 2008
[2]Dokumentasi Dayah Raudhatul Qur’an Darussalam, 2008 dan didukung dengan hasil wawancara tokoh pada tanggal 16-17 Januari 2015.
[3] Hasil wawancara dengan Pimpinan Dayah Raudhatul Qur’an Darussalam dan tokoh-tokoh, pada tanggal 16-17 Januari 2015.
[4] H.Abubakar Aceh, Pengantar Ilmu Tarekat (Uraian Tentang Mistik), (Solo: Ramadhani, 1986), hal. 68.
[5] Hasil wawancara dengan Pimpinan Dayah Raudhatul Qur’an Darussalam dan tokoh-tokoh, pada tanggal 16-17 Januari 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar